Pengertian Pertanyaan

Pertanyaan adalah pernyataan seseorang yang ditujukan kepada orang lainnya serta mengharapkan untuk dijawab. Kompetensi professional seorang guru perlu dilengkapi dengan keterampilan bertanya, karena proses belajar mengajar merupakan interaksi edukatif yang didalamnya perlu adanya dialog atau komunikasi antara guru dan siswa. Sedangkan dalam proses berkomunikasi diperlukan danya keterlibatan intelektual siswa yang dikembangkan dengan berbagai pertanyaan yang diajukan guru.

2.      Tujuan Atau Fungsi Pertanyaan

Tujuan utama atau fungsi utama pertanyaan adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan partisifasi siswa dalam proses belajar mengajar
  • Meningkatkan minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap masalah yang ingin dibahas
  • Meminta siswa berfikir dan mengembangkan pola fikirnya
  • Membimbing dan menuntun proses berfikir siswa
  • Memusatkan perhatian siswa terhadap konsep yang sedangdibicarakan

Sedangkan tujuan khusus atau fungsi khusus pertanyaan adalah:               

  • Memulai pelajaran
  • Menciptakan kondisi belajar
  • Memberikan motivasi
  • Mengarahkan pelajaran
  • Mendiagnosa
  • Melihat proses
  • Mengundang siswa untuk bertanya
  • Menilai guru
  • Mengevaluasi siswa
  • Memulai siswa untuk berdiskusi
  • Menegur siswa yang mengganggu kegiatan belajar mengajar

3.      Pentingnya Bertanya Dalam Belajar Mengajar

Berikut pentingnya bertanya dalam kegiatan belajar mengajar menurut pendapat para ahli:

  • Jantung strategi belajar yang efektif terletak pada pertanyaan yang diajukan guru (Fraengkel)
  • Dari sekian banyak metode pengajaran, yang paling banyak dipakai adalah bertanya ( bank)
  • Bertanya adalah salah satu teknik yang paling tua dan paling baik (Clark)
  • Mengajar itu adalah bertanya (Dewey)
  • Pertanyaan adalah unsur utama dalam strategi pengajaran, merupakan kunci permainan bahasa dalam pengajaran (Hyman)

Alasan kognitif lain bertanya adalah untuk merangsang ingatan memperdalam pengertian, mengembangkan imajinasi dan menggalakkan penyelesaikan masalah.

4.      Ragam Pertanyaan

Secara umum isi pertanyaan-pertanyaan dapat dikatagorikan sebagai konseptual, empiris dan terkait nilai. Pertanyaan-pertanyaan konseptual berkenaan dengan gagasan, definisi dan penalaran. Pertanyaan-pertanyaan empiris menuntut jawaban yang didasarkanpada fakta atau pada temuan experimental. Pertanyaan nilai berkenaan dengan manfaat dan kebaikan yang dikaitkan dengan isu moral dan lingkungan.